Jumat, 27 November 2009

blok sistem komunikasi

BLOK SISTEM KOMUNIKASI
BANDUNG, 24 November 2009
Assalamualaikum… sahabat-sahabatku. Ijinkan aku untuk membagi sedikit ilmu yamg aku dapatkan tadi malam. Semalam nihh, pulang asistensi tugas besar mikrokontroler akau langsung melesat di laboratorium antenna. Jalan menuju lab sangat-sangat gelap, kayak g ada kehidupan, terpencil. Di jalan aku disambut pedro( anjing kesayangan lab. Hehe…) bak cinderela sendalku nyangkut di bebatuan. Hiksss.. jalan menuju lab sungguh-sungguh sangat penuh perjuangan. Hweehehe… lebay..
Nyampe juga niee.. di lab tercinta. Ketemu pipi n mimi antenna. Hehe.. Yah, yang datang Cuma baru 3 orang anak RG. Asistennya dah pada datang semua.
Mulailah kita membahas tentang blok system komunikasi, dan akhirnya dari berbagai persepsi didapatkan blog seperti di bawah ini.







Keterangan:
1. VBW
Sumber informasi, bisa berupa data, suara, video, dll.
2. MUX/ DEMUX
fungsi dari mux adalah untuk mengpaketisasi informasi atau message yang akan dikirim. Analoginya klo barang, di masukin dulu ke kardus. Baru deh siap dimasukkan ke truk . nah kalu demux, kebalikannya. Demux barang yang udah di kemas tadi di buka. Untuk di berikan kepada pelanggan.
3. MODULATION/DEMOD
modulation adalah penumpangan sinyal/ informasi pada sinyal carrier. Dimana sebenarnya gelombang informasi itu berupa gelombang longitudinal, yang akan di tumpangkan ke carrier lalu di ubah ke gelombang transversal. Masih inget pelajaran SD kan??? Hehe… tenteng gelombang transversal n longitudinal. Tranversal itu kayak tali. Sedangkan longitudinal kayak per, ada rapatan dan renggangan. Demod kebalikan dari itu.
4. UP/DOWN CONVERTER
Up converter yaitu pengubahan sinyal analog ke digital. Domn converter adalah pengubahan sinyal digital ke sinyal analag.
5. AMPLIFIER
Di Amplifier ini, sinyal yang udah di ubah tadi lalu di filter lalu di kuatkan. Atau lebih jelasnya amplifier adalah proses penguatan sinyal.
Alhamdulillah ….
Semoga sedikit ilmu yang ana torehkan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Syukron…
SEMANGAT!!!! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar